Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Ida Rif’atul Aina, Ali Bowo Tjahjono

Abstract


Abstrak
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bersifat kompleks dan unik. Didalamnya terdapat berbagai ruang yang saling berkaitan serta memiliki ciri tertentu sebagaimana yang dimiliki oleh lembaga lain. Salah satu penyebab berkembangnya sekolah diantaranya dipengaruhi oleh peran guru yang mampu mengajar dan meningkatkan kemampuan para siswanya dengan baik. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang penting bagi seorang guru. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangroto 04 Genuk Semarang, dengan obyek penelitian kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kurikulum dan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam melakukan penilaian dan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Untuk tercapainya tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menyajikan jenis penelitian secara deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Pencapaian kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kurikulum diantaranya guru membuat silabus, menyusun RPP, dan memilih materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kategori cukup baik. (2) Kompetensi pedagogik guru dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar dalam kategori "baik", karena guru dalam melakukan penilaian menggunakan 3 tahapan yaitu: Guru menggunakan alat penilaain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru menggunakan berbagai teknik, dan guru menganalisis hasil penilaian.
Kata Kunci : Kompetensi pedagogik, guru, pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.