Etika Pelajar Perspektif Syekh Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam (Telaah Buku Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani Karya Maragustam)

Zumi Asma Diana, Mohammad Farhan, Sarjuni Sarjuni

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perspektif Syekh Nawawi Al- Bantani tentang etika pelajar didalam buku pemikiran pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani karya Maragustam, (2) untuk mengetahui relevansi etika pelajar perspektif Syekh Nawawi didalam buku pemikiran pendidikan Syekh Nawawi Al- Bantani karya Maragustam dengan tujuan pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif melalui library research (kajian studi kepustakaan), Dalam hal ini, peneliti menggunakan bukubuku pendidikan dan buku-buku pendamping lainya yang mendukung pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani tentang Etika pelajar. Berdasarakan hasil penelitian ini, penulis memperoleh bahwa etika pelajar perspektif Syekh Nawawi Al-Bantani didalam buku pemikiran pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani karya Maragustam terbagi menjadi empat bagian, yakni: etika pelajar terhadap Allah Swt, etika pelajar terhadap orang lain,etika terhadap ilmu dan etika pelajar terhadap gurunya. Selanjutnya relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu etika dapat berperan aktif dalam melahirkan output yang baik sebagaimana tujuan dari pendidikan yang bukan hanya melahirkan output dengan ilmu pengetahuan yang baik tapi juga perilaku yang terpuji.
Kata Kunci: Etika Pelajar, Syekh Nawawi Al-Bantani, buku pemikiran pendidikan
karya Maragustam, Tujuan Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.