Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Bangun Ruang Kelas VI SD Negeri Kedalingan 01
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis peserta didik pada muatan matematika materi geometri subbab bangun ruang masih sangat rendah. Permasalahannya adalah sejauh mana kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VI SD Negeri Kedalingan 01 dalam penyelesaian soal bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis peserta didik dalam penyelesaian soal bangun ruang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis hasil pekerjaan berbasis online peserta didik dengan subjek penelitian sebanyak 22 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Milles and Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji credibility, uji transferability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep tinggi, indikator mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu tinggi, indikator memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep sangat tinggi, indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis tinggi, indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep cukup, indikator kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu rendah, dan indikator mengaplikasikan konsep atau alogaritma dalam pemecahan masalah sangat tinggi. Kemudian pada kemampuan berpikir kreatif pada indikator indikator kelancaran (fluency) dan elaborasi (elaboration) rendah dan indikator keaslian (originality) cukup.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Bangun Ruang, Covid-19.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis peserta didik pada muatan matematika materi geometri subbab bangun ruang masih sangat rendah. Permasalahannya adalah sejauh mana kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VI SD Negeri Kedalingan 01 dalam penyelesaian soal bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis peserta didik dalam penyelesaian soal bangun ruang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis hasil pekerjaan berbasis online peserta didik dengan subjek penelitian sebanyak 22 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Milles and Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji credibility, uji transferability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep tinggi, indikator mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu tinggi, indikator memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep sangat tinggi, indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis tinggi, indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep cukup, indikator kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu rendah, dan indikator mengaplikasikan konsep atau alogaritma dalam pemecahan masalah sangat tinggi. Kemudian pada kemampuan berpikir kreatif pada indikator indikator kelancaran (fluency) dan elaborasi (elaboration) rendah dan indikator keaslian (originality) cukup.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Bangun Ruang, Covid-19.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.