Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Izzatin Nada, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


Abstrak
Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor baik yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa Faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi salah satunya adalah dari fasilitas sekolah yaitu melalui media audio visual. Penelitian dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamâ€, memiliki rumusan masalah bagaimana penggunaan media audio visual, bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI, dan adakah pengaruh diantara keduanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual, prestasi belajar, dan adakah hubungan diantara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan skunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data akan dianalisa melalui lima tahap yaitu, analisis uji validitas, analisis uji reliabilitas, analisis pendahuluan, analisis hipotesis, dan analisis lanjut. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual mencapai taraf baik, prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga mencapai taraf baik. Maka setelah diadakan uji statistik ternyata ada hubungan positif antara penggunaan media audio visual dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Semakin tinggi penggunaan media audio visual semakin tinggi pula pretasi belajarnya, begitu pula sebaliknya semakin rendah penggunaan media audio visual semakin rendah pula prestasi belajarnya.
Kata kunci : Media Audio Visual, PAI, Hubungan, Pengaruh, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.