Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada Masa Pandemi Covid-19

Maela Zulfah, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


Abstrak
Pendidikan merupakan kebutuhan pokok setiap individu dan sebagai kunci
pembangunan kunci sumber daya manusia. Pendidikan yang akan menentukan kemana bangsa ini akan menyongsong masa depanya . Pandemi Covid-19 ini membuat sejumlah persoalan genting harus segera diatasi dikarenakan menyangkut keberlangsungan dan kualitas pendidikan. Sekolah-sekolah di tutup dan pembelajaran daring dilakukan. Guru perlu memiliki kompetensi-kompetensi tertentu yang mendukung keberhasilan pembelajaran siswa pada masa pandemi. Salah satu cara dalam meningkatkan kompetensi guru bisa melalui kepala sekolah .
karena kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu disekolahnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bangetayu Wetan 01 Genuk Semarang, dengan obyek penelitian kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19. Untuk tercapainya tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang
menyajikan jenis penelitian secara deskriptif, dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui metode ; 1) Wawancara; 2) Dokumentasi.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik. Mereka mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan empat kompetensi yang sudah diterapkan oleh pemerintah yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. 2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam sudah cukup maksimal. Diantaranya peran sebagai manajer , administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator sudah dilakukan dengan baik.
Kata kunci : Kepala Sekolah, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.