Hubungan Keterampilan Berkomunikasi Guru dengan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas XiHubungan Keterampilan Berkomunikasi Guru dengan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas Xi

Navisa Qurota A'yun, Susiyanto Susiyanto

Abstract


Abstrak
Dalam pendidikan Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain tidak dapat dihindari dan hanya dapat dilakukan dengan komunikasi, lewat komunikasi inilah manusia melakukan interaksi dengan sesama setiap harinya. Dengan demikian, komunikasi menjadi ciri yang melekat dalam kehidupan manusia begitu pula dengan kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti menganalisa keterampilan komunikasi guru di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang.Adapun rumusan masalah ini adalah (1)Bagaimana hasil belajar Fiqih peserta didik kelas XI di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang. (2)Adakah hubungan ketrampilan berkomunikasi guru dengan hasil belajar fiqih kelas XI di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunakan teknik angket berupa skala likert, berupa pernyataan-pernyataan yang diambil dari indikator-indikator yang ada di setiap variabel. Selanjutnya dalam mengolah data peneliti menggunakan rumus korelasi PPMC (person product moment corellation) yang kemudian penulis analisis menggunakan aplikasi spss tipe 21. hasil analisis yang telah dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan komunikasi guru dengan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Pondok Modern selamat 2 Batang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 21 menggunakan rumus uji hipotesis menyatakan bahwa nilai r hitung (0,704) lebih besar dari r tabel (0,220) ada hubungan yang signifikan.
Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi Guru, Hasil Belajar, peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.