Hubungan Kontrol Diri dengan Kecanduan Game Online pada Remaja SMA X
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada siswa SMA X. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA X. Sampel yang digunakan sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Kecanduan game online terdiri dari 20 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,912 dan skala kontrol diri terdiri dari 15 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,779. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil uji hipotesis yang diperoleh menujukkan bahwa nilai rxy = - 0,646 dengan taraf signifikansi p= 0,000 (p < 0,05) artinya terdapat hubungan yangnegatif yang signifikan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada siswa SMA X. variabel kontrol diri memberikan sumbangan efektif sebesar 41,7% terhadap kecanduan game online serta 58,3 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menujukkan hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci: kecanduan game online, kontol diri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada siswa SMA X. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA X. Sampel yang digunakan sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Kecanduan game online terdiri dari 20 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,912 dan skala kontrol diri terdiri dari 15 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,779. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil uji hipotesis yang diperoleh menujukkan bahwa nilai rxy = - 0,646 dengan taraf signifikansi p= 0,000 (p < 0,05) artinya terdapat hubungan yangnegatif yang signifikan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada siswa SMA X. variabel kontrol diri memberikan sumbangan efektif sebesar 41,7% terhadap kecanduan game online serta 58,3 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menujukkan hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci: kecanduan game online, kontol diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.