Revitalisasi Pendidikan Kuttab di Indonesia (Studi Kasus Kuttab al-Fatih)

Huswatun Hasanah, Ahmad Qodim Suseno

Abstract


Kuttab di Indonesia yang mulai marak sejak tahun 2012. Hal ini didasari oleh kajian pendiri kuttab yakni Budi Ashari dan teman-temannya yang menurut mereka hampir setiap lembaga atau lini pendidikan di Indonesia memiliki kekurangan sehingga hasilnya tidak maksimal saat ini. Menurut pendiri kuttab di Indoensia ini, keberhasilan hanya dapat dicapai dengan cara mengcopy pendidikan era Rasulullah atau menjadikannya role model secara tekstual. Dengan upaya ini, diharapkan kuttab di Indonesia nantinya juga akan melahirkan pribadi-pribadi yang keberhasilannya seperti sahabat serta tabi’it tabi’in. Makalah ini akan mendeskripsikan sepintas mengenai kuttab era awal atau klasik dalam hampir seluruh periode serta wujud revitalisasi kuttab di zaman modern ini. Tulisan ini menggunakan penelitian pustaka dipadukan dengan penelitian lapangan secara berkala. Dari sini didapat kesimpulan bahwa sistem-sistem yang dibangun kuttab di era ini merupakan gambaran kuttab sebagai pendidikan dasar di masa lalu.

.

Kata Kunci: revitalisasi, kuttab klasik, kuttab modern.


Full Text:

PDF

References


Asari. (1994). Zaman Keemsan Islam : Menyingkap Zaman Keemasan. In Asari, Zaman Keemsan Islam : Menyingkap Zaman Keemasan (p. 37). Bandung: Mizan.

dkk, Z. (2004). Sejarah Pendidikan Islam. In Z. dkk, Sejarah Pendidikan Islam (p. 34). Jakarta: Bumi Aksara.

Fahmi, H. A. (1997). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. In H. A. Fahmi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam (p. 30). Jakarta: Bulan Bintang.

Hasan, H. I. (1980). Tarikh Islam (Terjemah). Jakarta: Maktabah Syaksiyah.

Hitti, P. K. (2013). History of the Arabs : Terjemah. In P. K. Hitti, History of the Arabs : Terjemah (p. 512). Jakarta.

Nata, A. (2004). Sejarah Pendidikan Islam Periode Klasik dan Pertengahan. In A. Nata, Sejarah Pendidikan Islam Periode Klasik dan Pertengahan (p. 33). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nizar, S. (2007). Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam Potret Timur Tengan era Awal dan Indonesia. In S. Nizar, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam Potret Timur Tengan era Awal dan Indonesia (p. 4). Jakarta: Quantum Teaching.

Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam. In S. Nizar, Sejarah Pendidikan Islam (p. 4). Jakarta: Prenada Media Group.

rahim, R. (2005). Kurikulum Dasar Lembaga Kuttab. Jurnal Pendidikan Islam, 88.

Sugiyono. (2010). Metode Pendidikan Kualitatif R & D. In Sugiyono, Metode Pendidikan Kualitatif R & D (p. 1). Bandung: Alfabeta.

Syalabi, A. (1995). Sejarah dan Kebudayaan Islam. In A. Syala, Sejarah dan Kebudayaan Islam (p. 16). Jakarta: Pustaka al Husna.

Yunus, M. (2000). Sejarah Pendidikan Islam. In M. Yunus, Sejarah Pendidikan Islam (p. 33). Jakarta: Hidakarya Agung.

Zubaedah. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. In Zubaedah, Sejarah Pendidikan Islam (p. 41). Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.