Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Aswaja Sidorejo Karangawen Demak

Miftakhul Muniroh, Ali Bowo Tjahjono, Toha Makhsun

Abstract


Abstrak
Metode drill merupakan salah satu metode kontemporer yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu dengan melatih peserta didik untuk memperolej ketrampilan dan ketangkasan dalam menerima pelajaran. Adapun metode drill diterapkan dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an di TPQ Aswaja Sidorejo untuk mempelajari pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an khususnya dalam mengenal, memahami, dan mengetahui huruf-huruf Hijaiyyah dengan cara membaca dan menulis Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Maka dari itu peneliti menarik judul penelitian yaitu “Efektivitas Metode Drill Dalam Meningkatkan Ketrampilan Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Aswaja Sidorejo Karangawen Demakâ€
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi metode drill dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) di TPQ Aswaja Sidorejo, Untuk mendiskripsikan efektivitas metode drill dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Aswaja Sidorejo Karangawen Demak.
Bentuk penelitian ini adalah penelilian lapangan (field Research) yaitu penelitian kualtatif yang mengambil langsung data dan informasi berlatar belakang TPQ Aswaja Sidorejo Karangawen Demak, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawncara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Data primer di peroleh dari kepala sekolah dan guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan data sekunder diperoleh dari dokmentasi dari TPQ Aswaja Sidorejo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data yang telah di dapat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meliputi: 1) Perencanaan metode drill di TPQ Aswaja Sidorejo Karangawen Demak sudah berjalan dengan baik, karena guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar, 2) Pelaksanaan metode drill berjalan dengan baik dan sesuai dengan RPP yang disusun, 3) Efektivitas metode drill dapat dikatakan sudah baik, karena dengan menerapkan metode drill dapat meningkatkan ketrampilan peserta didik dalam melatih bacaan dan tulisan Al-Qur’an sesuai kaidahnya dengan baik dan benar.

Kata Kunci: metode drill, baca tulis al-qur’an


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.