PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISIONS TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMPN 5 DEMAK

Ana Yulianingsih, Ahmad Muflihin

Abstract


Pendidikan dapat dijadikan sebagai fondasi utama dengan mutu ilmu pengetahuan yang tinggi untuk menjadikan suatu negara tersebut dapat berkembang. pendidikan  mengajarkan manusia agar memperbaiki dan meningkatkan ilmu pengetahuan dengan segala aspek melalui proses pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan.  Untuk tercapainya suatu tujuan seorang peseerta didik harus memliki kemandirian belajar yang baik sehingga dapat mencapai tujuan dengan mudah. Namun faktanya di SMPN 5 Demak masih kurang berkurangnya kerjasama antara peserta didik satu sama lain dan  terhadap guru pun masih  masih terbilang kurang aktif dalam karena gagapnya komunkasi. Terkadang prestasi belajar siswa terhambat karena kurangnya kemandirian siswa  dalam proses pembelajaran  dan guru masih menggunakan model biasa berupa ceramah, dalam penyampaian materi penggunaan model yang diberikan kurang bervariasi dan cenderung monoton. Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang biasa menjadi pembelajaran yang inovatif dan bervariasi yang dapat membuat siswa untuk berperan aktif didalam kelas dan memberi kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan pendapat mengenai materi yang di berikan kepada teman-temannya. permasalahan dalam artikel ini yaitu memfokuskan pada pertama yaitu bagaimana pelaksanaan model pembelajaran STAD di SMPN 5 Demak, kedua bagaimana kemandirian peserta didik di SMPN 5 Demak, ketiga bagaimana pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemandirian peserta didik di SMPN 5 Demak. Artikel ini merupakan hasil dari jenis penelitian lapangan (field reseach), dengan menggunakan pendekatan  kuantitatif. Dari penelitian yang dilakukan peneliti di peroleh hasil bahwa kemandirian yang dicapai oleh peserta didik SMPN 5 Demak sudah baik. Dari jumlah sampel 33 peserta didik indeks prestasi mean atau rata-rata menyatakan bahwa model pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi  Kemandirian peserta didik sehingga lebih meningkat.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran, Kemadirian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.