PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMP ISLAM TERPADU DAARUT TAHFIDZ (Desa Karang Asem Sayung Demak)

Nisa Ulfa Oktafia, Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


ABSTRAK

Lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama dalam Pendidikan untuk memberikan landasan awal untuk berproses dalam Pendidikan belajar dilingkungan pendidikan dasar atau lingkungan sekolah dan masyarakat . Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMPIT Daarut Tahfidz.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Sehingga memudahkan untuk melakukan analisis data, penulis menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut.

Hasil penelitian pengaruh lingkungan keluarga terhadap pretasi belajar PAI siswa SMPIT Daarut Tahfidz (desa karangasem sayung demak) dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, pengaruh lingkungan keluraga terhadap prestasi belajar PAI siswa SMPIT Daarut Tahfidz sangat baik. Ada pengaruh positif yang signifikasi antara lingkungan keluarga terhadap pretasi belajar PAI siswa SMPIT Daarut Tahfidz.

Kata Kunci : lingkungan keluarga, prestasi belajar, SMPIT Daarut Tahfidz


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.