Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP NEGERI 5 DEMAK

Leni Rosita Sari, Ahmad Muflihin

Abstract


Abstrak

 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam saat pandemi ini menjadi terhambat, karena guru tidak dapat melakukan pembelajaran secara langsung atau tatap muka. Pembelajaran pendidikan agama islam ini sangat penting, karena membimbing peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakqwa kepada Allah swt.  Agar pembelajaran pendidikan Agama Islam berjalan dengan baik maka tidak terlepas dari peran seorang guru pendidikan agama islam. Kemajuan pendidikan dapat dilihat dari sikap disiplin peserta didikdalam mematui peraturan. Dalam masa pandemi peraturan pembelajaran lebih ringan karena  kurang mendukungnya media pembelajaran yang digunakan peserta didik. penilaian sikap disiplin pesertadidik dilihat dari keaktifan mengumpulkan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku, keaktifan peserta didik mengikuti pembelajaran sesuai jam pembelajaran. Rasa tanggung jawab peserta didik mencerminkan sikap disiplin. permasalahan pada artikel ini akan difokuskan pada bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai seorang inisiator ( pendidik), sebagai pembimbing, sebagai motivator dan sebagai evaluator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 5 Demak. Artikel ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang penulis lakukan di SMP Negeri 5 Demak. Dari penelitian yang penulis lakukan diperoleh hasil bahwa peran guru pendidikan agama islam dilakukan saat pembelajaran sangat berpengaruh pada kedisiplinan peserta didik agar berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kedisiplinan Peserta Didik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.