IMPLEMENTASI PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY'ARI TENTANG AKHLAK MURID TERHADAP GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA TAKHASSUS AL-QUR'AN SERANGAN, BONANG, DEMAK

Silna Irfanana, Moh Farhan

Abstract


Sekarang ini Indonesia mengalami ancaman yang serius mengenai merosotnya moral bangsa. Hal tersebut dilihat dari rendahnya nilai-nilai etika yang terjadi dikalangan peserta didik zaman sekarang. Mengingat banyaknya kasus yang berkaitan dengan rendahnya moral pelajar sekarang ini seperti kasus penganiayaan pelajar terhadap guru, hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan peserta didik dalam mengetahui akhlak yang harus dimilikinya dalam menuntut ilmu. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apa saja akhlak peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim. 2) Untuk mengetahui penerapan akhlak peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Takhassus Al-Qur’an, Serangan, Bonang, Demak.

            Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dan pendekatan studi tokoh melalui metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu berupa teknik observasi, wawancara, dokumentasi.

             Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa KH. Hasyim Asy’ari berpandangan bahwa sebagai peserta didik harus berilmu pengetahuan dan berusaha mengamalkannya serta memiliki akhlak yang benar. Akhlak peserta didik merupakan perbuatan baik atau buruk seseorang yang menuntut ilmu untuk mematuhi segala aturan dan peraturan yang dalam lingkungan sekolah. Akhlak peserta didik terhadap guru menurut KH. Hasyim Asy’ari terdapat 12 poin dalam kitab adabul ‘alim wal muta’allim, bahwasanya peserta didik sudah menerapkan ketika dalam pembelajaran dalam kelas seperti mendengarkan penjelaskan dari guru dengan baik, berkata sopan dengan guru, mengambil barang yang dikasih guru dengan menggunakan tangan kanan,meminta izin apabila bertanya atau akan menyampaikab sesuatu, patuh terhadap peraturan, dan bersabar apabila guru menasehati.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.