Pengelolaan Komunitas Homeschooling Sebagai Alternatif Penyelenggaraan Pendidikan Islam (Studi Kasus Komunitas Homeschooling Keluarga Muslim (HSKM) Bogor)

Nur Aini, Susiyanto Susiyanto

Abstract


Dalam proses belajar mengajar sering kita temui anak dengan gaya belajar, karakteristik unik yang memerlukan pembelajaran dengan pendekatan individual. Hal ini juga berlaku bagi anak yang memiliki hambatan atau masalah khusus dalam belajar. Berkaitan dengan hal tersebut  ada alternatif solusi berupa pembelajaran individu yang  dapat dilakukan di rumah (homeschooling). Orang- orang pada umumnya mengenal Homeschooling hanya memberikan pelajaran umum, padahal ada sebagian Homeschooling yang memberikan pelajaran pendidikan Islam. Berangkat dari hal tersebut, dalam tulisan ini penulis ingin membahas tentang pendidikan Islam yang diterapkan dalam komunitas Homeschooling. Permasalahan pada artikel ini akan difokuskan pada pertama bagaimana pengelolaan komunitas Homeschooling keluarga muslim sebagai alternatif penyelenggaraan pendidikan Islam; kedua, apa saja hambatan yang dialami dalam pengelolaan komunitas homeschooling keluarga muslim. Artikel ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang penulis lakukan di komunitas Homeschooling keluarga muslim Bogor. Dari penelitian yang penulis lakukan diperoleh hasil bahwa pengelolaan komunitas homeschooling keluarga muslim sebagai alternatif penyelenggaraan pendidikan Islam disisipkan dalam setipa kegiatan di komunitas.

Kata Kunci: Pengeloaan, komunitas Homeschooling, pendidikan Islam

 


Full Text:

PDF

References


Achmadi. (2010). Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teoritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amrullah, Z. A. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Kata Pena.

Andayani, A. M. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryato. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi Volume 2. No. 02, 90.

Prastowo, A. (2012). Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Sani, R. A. (2011). Pendidikan Karakter di Pesantren. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujak, Z. A. (2011). Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter untuk SD/MI, SMP/SMA, dan SMK/MAK. Bandung: Yrama Widya.

Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Perpektif Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.