Implementasi program bimbingan konseling islami di MTs Al-Hikmah

Tazkiyyatu Dzihni, Muhtar Arifin Sholeh, Hidayatus Sholihah

Abstract


PROGRAM IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI MTS AL-HIKMAH
OLEH:
TAZKIYYATU DZIHNI (31501602446) Program Strata 1 (S1), Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Tarbiah, UNISSULA, 2020
Penelitian ini di latar belakangi oleh kenakalan remaja yang meningkat. keagamaan pada siswa kurang, dengan adanya program bimbingan konseling Islami siswa dapat terarah ke arah yang lebih baik. Penelitian ini dengan mengangkat rumusan masalah bagaimana menerapkan program bimbingan konseling Islami di MTs Al-Hikmah dan bagaimana peran konselor dalam memberikan bimbingan konseling Islami di MTs Al-Hikmah.
The tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana penerapan program bimbingan konseling Islami di MTs Al-Hikmah dan bagaimana peran konselor dalam memberikan bimbingan konseling Islami di MTs Al-hikmah. Penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif yaitu mengumpulkan data dengan cara menganalisis dan mengumpulkan data melalui wawancara kepada pihak yang diamati, diamati secara langsung di lapangan dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat menyatakan bahwa dengan adanya program bimbingan konseling Islami dapat membantu siswa ke arah yang lebih baik dengan mengaitkan nilai-nilai Islami dan peran konselor di MTs Al-Hikmah sangat membantu siswa diantaranya sebagai konsultan, sebagai informator, sebagai motivator, kolaborator , sebagai ketua dan sebagai evaluator.
Kata kunci: Program, Bimbingan Konseling Islami


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.