Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Matholi'ul Huda Pucakwangi Pati

Ida Yatus Sholekha, sarjuni sarjuni

Abstract


Dalam proses pembelajaran seorang pendidik diharuskan dapat membuat suatu pembelajaran yang aktif dan efisien, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Agar tercapai suatu tujuan yang telah di harapkan, seorang pendidik dituntut mampu menguasai materi dengan baik menguasai dalam penggunaan model maupun metode pembelajaran yang baik agar peserta didik mampu memahami yang telah disampaikan oleh pendidik. Ada beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu salah satunya model problem based learning. Model problem based learning adalah salah satu pendekatan pemvelajaran dengan bercirikan adanya suatu permasalahan nyata. Permasalahan pada artikel ini akan difokuskan pada pertama, bagaimana perencanaan model problem based learning dalam pembelajaran aqidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati, kedua bagaimana pelaksanaan model problem based learning dalam pembelajaran aqidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati dan ketiga bagaimana evaluasi model problem based learning dalam pembelajaran aqidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati. Artikel ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang mana penulis lakukan di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati. Dari penelitian yang penulis lakukan, diperoleh hasil bahwa implementasi model problem based learning di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati sudah berjalan dengan baik.

Kata kunci: implementasi, model problem based learning, pembelajaran aqidah akhlak


Full Text:

PDF

References


Darodjat, Darmiyati Zuchdi, Zamroni. 2016. “Model Evaluasi Pembelajaran Akidah dan Akhlak di MTS†Jurnal Peneltian dan Evaluasi Pendidikan volume 30 (hlm.13)

Dr. Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2010

Hosnan M, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Bogor, Ghalia Indonesia, 2014

Jumanta Hamdayama, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor, Ghalia Indonesia, 2014

Majid Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2014

Muh. Asroruddin Al-Jumhuri, Belajar Aqidah Akhlak, Yogyakarta, CV Budi Utama, 2015

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2015

Supriadie Didi, Dermawan Deni, Komunikasi Pembelajaran, Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offet, 2020

Syah Darwyan, Perencanaan Sistematis Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Gaung Persada Press, 2007

Warsono Hariyanto, Pembelajaran Aktif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.