ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X BERPEDOMAN PADA PELEVELAN PISA BERFOKUS PADA MATERI TRIGONOMETRI

Anik Khilya Walida, Imam Kusmaryono, Hevy Risqi Maharani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah guna menganalisis kemampuan literasi matematika siswa kelas X  MA N 1 Kota Semarang.Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematika pada materi trigonometri yang kemudian hasilnya dilakukan analisis dan dikonfirmasi melalui proses  wawancara.

Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan, ditinjau dari indikator dan pelevelan kemampuan literasi matematika dari pelevelan PISA didapatkan kesimpulan bahwa 23 siswa kelas X MIPA 4  terdapat  7 siswa dengan kategori kemampuan literasi tinggi, 13 siswa dengan kategori kemampuan literasi sedang , dan 3 siswa dengan kemampuan literasi  rendah.  Dengan  berpedoman pada  pelevelan literasi matematika menurut PISA didapatkan hasil bahwa siswa dengan kemampuan  literasi matematika tinggi berada pada level 5yaitu siswa tersebut telah melalui 5 indikator literasi matematika yaitu penggunaan pengetahuan, penggunaan rumus, penggunaan strategi, penggunaan model matematika dan menyelesaikan permasalahan rumit menggunakan model matematika dalam menyelesaikan masalah pada soal, siswa dengan kemampuan literasi sedang berada pada level 4 yaitu siswa tersebut telah memalui 4 indikator literasi matematika yaitu penggunaan pengetahuan, penggunaan rumus, penggunaan strategi, penggunaan model matematika dalam menyelesaikan masalah pada soal, dan siswa dengan kategori kemampuan literasi  rendah berada pada level  3 yaitu siswa tersebut telah melalui 3 indikator literasi matematika yaitu penggunaan pengetahuan, penggunaan rumus dan penggunaan strategi dalam menyelesaikan masalah pada soal.

Kata Kunci: Literasi Matematika, Trigonometri, Pelevelan PISA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.