Implementasi Metode Gramatika-tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen

Kasanah Kasanah, Supian Sauri

Abstract


Abstrak
Peran guru sangat penting untuk perkembangan skill peserta didik, begitupun dengan metode yang digunakan dalam pengajaran seorang guru, harus sesuai dengan apa yang diajarkan. Sangat diapresiasi guru masa kini sangat mengutamakan metode pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan dan peserta didik mudah menerima pelajaran yang disajikan pendidik. Tidak pula dapat dipungkiri bahwasannya mata pelajaran yang sulit untuk dipahamai salah satunya adalah bahasa arab, dimana hanya orang-orang tertentu saja yang paham dengan mata pelajaran satu ini. Maka dari itu peran guru sebagai motivator sangat diperlukan guna perkembangan kepahaman peserta didik. Melalui metode gramatika-tarjamah sangat diharapkan peserta didik dapat mudah dalam memahami pembelajaran Bahasa Arab. Berangkat dari hal tersebut, penulis akan membahas tentang implementasi metode gramatika-terjamah dalam pembelajaran bahasa Arab di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen. Permasalahan yang dapat diangkat yaitu pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode gramatika-tarjamah di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen; kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode gramatika-tarjamah di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen; yang ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode gramatika-tarjamah di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen. Artikel ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang penulis lakukan di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa guru pengampu mapel bahasa Arab telah menggunakan metode gramatika-tarjamah guna memudahkan peserta didik dalam hal menangkap, mencerna serta menguasai materi yang disampaikan.
Kata kunci: metode pembelajaran, Bahasa Arab, gramatika-tarjamah


Full Text:

PDF

References


Andi, Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan dan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Asrori, Imam. (2011). Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori dan Praktik. Malang: Misykat.

Daulay, Haidar Putra dan Nur Gaya Pasa. (2012). Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Mujiono. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Fuad Ahmad, (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, Acep. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ki Hajar Dewantara. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Khalilullah. 2016. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Majid, Abdul. (2014). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mauliadi, Erlan. (2012). Jurnal Pendidikan Islam, Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Sekolah. Volume 1 nomor 1

M. Djunaidi Ghony & Fauzan Al-Manshur. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

M. Dalmoyo. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nizar, Samsul. 2001. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pertama.

PraStowo. (2012). Penelitian kualitatif. Jogjakarrta: Aruzz Mrdia

Prihartanta, Widayat. 2015. Jurnal Adabiya. Teori-teori Belajar. Academia Edu.

Sagala, Syaiful. (2008). Sillabus Sebagai Landasan Pelaksanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional. Jurnal Tabularasa. Vol. 5, no 1.

Spiatin, Popi dan Saohari. (2011). Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Cet. Ke 22. Bandung: Alfabet.

Sugiono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Subagyo. (2004). Media penelitian Dalam Teori dan Praktik. Cet. Ke-IV. Jakarta: Rineka Cipta.

S. Nasution. (2001). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Https://www.mtsfutuhiyyah2.sch.id. tentang letak Geografis Mts Futuhiyyah 2 Mrangen. Diakses Tanggal 30 Januari 2020).

Zulhanan. (2014). Tekhnik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zubair, Maimoen. (2009). Kitab Minhatur Robbaniyah. Sarang: Lajnah Ta’lif Wan Nasyr


Refbacks

  • There are currently no refbacks.