Metakognisi Siswa MTs Dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras Berdasarkan Tahap Polya

Laila Rahmawati, Mochamad Abdul Basir, Imam Kusmaryono

Abstract


Metakognisi menjadi fokus masalah yang penting diteliti karena berhubungan dengan bagaimana siswa berpikir yang melibatkan kesadaran serta pengaturan proses berpikirnya dalam merencanakan, memantau, serta menilai hasil pemecahan masalah.. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa kelas IX dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras. Jenis penelitian adalah kualitatif, dilaksanakan di kelas IX A MTs Sudirman Bantal dengan 6 sampel terpilih. Dengan purposive sampling, dipilih 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Instrumen menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan subjek kategori tinggi mampu membuat perencanaan, memonitor, dan mengevaluasi hasil dalam memecahkan masalah. Subjek kategori sedang mampu membuat perencanaan, memonitor, namun belum mampu mengevaluasi hasil dalam menyelesaikan masalah. Subjek kategori rendah dapat membuat perencanaan, tetapi tidak mampu memonitor dan mengevaluasi hasil dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu perlu adanya strategi baru dalam pembelajaran matematika dan sering membiasakan siswa menyelesaikan masalah terbuka untuk meningkatkan metakognisi siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.