Mengimplementasikan Bimbingan Konseling Islami Di SMK Cordova Margoyoso Pati The Implementing Islamic Counseling Guidance in Cordova Margoyoso Pati

Muhammad Ali Irfan, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh, Hidayatus Sholehah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi Bimbingan Konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati dalam mengembangkan perilaku peserta didik yang mandiri, berakhlaq luhur, dan mampu bersaing secara global peserta didik di SMK Cordova Margoyoso Pati. Dengan rumusan masalah bagaimana perencanaan bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati, bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati dan bagaimana evaluasi bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang berupaya mengumpulkan data, informasi dan keterangan yang diperoleh dari lapangan dengan mengamati obyek yang berkaitan dengan ruang, tempat, pelaku, tujuan dan kegiatan. Sumber data yang diperoleh oleh penulis berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder yang meliputi sejarah berdirinya SMK Cordova Margoyoso Pati, letak geografis SMK Cordova, visi misi SMK Cordova, data guru dan karyawan SMK Cordova, data peserta didik SMK Cordova serta keadaan sarana dan prasarana SMK Cordova SMK Cordova. Data yang sudah diperoleh dan dianalis dapat disimpulkan bahwa implementasi bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan bimbingan konseling dengan memiliki fasilitas ruangan konseling individu, ruang kerja konselor sekolah dan buku catatan permasalahan dan perilaku peserta didik. Namun demikian, masih terdapat beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling Islami, seperti, jumlah konselor sekolah yang minim (3 orang)yang menangani lebih dari 300 peserta didik, serta sarana dan prasarana yang belum mendukung proses layanan Bimbingan Konseling Islami. Profesionalitas konselor sekolah di SMK Cordova Margoyoso Pati dapat dikatakan cukup baik. Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Konselor, Perilaku, Proses Layanan, Profesionalitas.

Full Text:

PDF

References


Al – Qur’an Karim

Ahmad, M. A. Q. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Rineka Cipta.

Ajowi, J. O., & Simatwa, E. M. W. (2010). The role of guidance and counseling in promoting student discipline in secondary schools in Kenya: A case study of Kisumu district. Educational Research and Reviews. https://doi.org/10.21522/tijar.2014.03.01.art011

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim. PT. Remaja Rosdakarya.

Andayani. Majid, A. D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. PT. Remaja Rosdakarya.

Aswadi. (2009). iyadah dan ta’ziyah perspektif bimbingan konseling islam. dakwah digital press.

Az Zahrani, M. bin Z. (2005). Konseling Terapi. Gema Insani.

Daradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djumhur, I. & muhammad surya. (2008). bimbingan dan penyuluhan di sekolah. cv. diponegoro.

Hamalik, O. (2013). KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN, EDISI 1 CETAKAN KEDUA BELAS. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hanin Hamjah, S., & Mat Akhir, N. S. (2014). Islamic Approach in Counseling. Journal of Religion and Health. https://doi.org/10.1007/s10943-013-9703-4

Heri Gunawan, s. M. (2014). pendidikan islam kajian teoritis dan pemikiran tokoh. PT. Remaja Rosdakarya.

Kartono, K. (1985). Bimbingan dan Dasar - Dasar Pelaksanaannya. CV. Rajawali.

Lubis, S. A. (2011a). Islamic counseling: The services of mental health and education for people. Religious Education. https://doi.org/10.1080/00344087.2011.613347

Lubis, S. A. (2011b). konseling islami dan kesehatan mental. cita pustaka media perintis.

Lunenburg, F. C. (2010). School Guidance and Counseling Services. Schooling.

Majid, A. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT. Remaja Rosda Karya.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Muhammad Abdul Qadir Ahmad. (2008). metodologi pengajaran agama islam. rineka cipta.

Musnamar, tohari. (2009). Dasar-dasar konseptual bimbingan konseling islam. rajawali pers.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media Grup.

Oxford University Press. (2020). Oxford Advanced Learner’s Dictionary (Seventh Edition). Oxford University Press.

Prayitno & Amti, Eman. (2004). dasar-dasar bimbingan dan konseling. rineka cipta.

Prayitno, H. (1999). Prof. Dr, M. Sc. Ed dan Drs. Erman Amti. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Islam. https://doi.org/10.1021/jp8037945

Ramayulis. (2005). Ilmu Pendidikan Islam. kalam mulia.

Rassool, G. H. (2015). Archives of Psychiatric Nursing Cultural Competence in Counseling the Muslim Patient : Implications for Mental Health. Archives of

Psychiatric Nursing. https://doi.org/10.1016/j.apnu.2015.05.009

Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Saebani, A. dan B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Setia.

Saputri, S. M., Prayitno, P., & Jaya, Y. (2018). KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SERTA PEMBINAANNYA. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam). https://doi.org/10.32505/enlighten.v1i1.511

Setiawan, W., & Nuraisah, H. (2018). GALERY WALK DALAM AKTIVITAS BELAJAR: PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i1.2331

Silberman, M. L. (2013). Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cendekia.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rineka Cipta.

Suwandi, B. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Syafaat, A. (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Rajawali Pers.

Walgito, P. D. B. (2010). Bimbingan dan Konseling Studi dan Karier. In C. V Andi Offset.

Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Teras.

Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2007). Landasan bimbingan dan konseling. In Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.