Modern Parenting, Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Ibadah Sholat pada Anak

Rani Islamia Wijaya, Dian Marhaeni, Genta Maghvira

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan bagaimana proses komunikasi interpersonal orang tua dalam menanamkan nilai ibadah sholat pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal orang tua dalam menanamkan nilai ibadah sholat pada anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua informan yaitu orang tua yang memiliki anak berumur 6-12 tahun, yang bertempat di Perumahan Bermis, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori peran, teori skema hubungan keluarga, komunikasi keluarga, dan komunikasi interpersonal. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa proses komunikasi interpersonal orang tua dalam menanamkan nilai ibadah sholat pada anak terjadi secara langsung dan dua arah. Proses komunikasi interpersonal dalam keluarga belum maksimal karena komunikasi dilakukan hanya pada waktu tertentu saja tetapi komunikasi interpersonal yang berlangsung tetap efektif. Efektivitas komunikasi interpersonal didasarkan pada keterbukaan, empati, dukungan, positif, dan kesamaan. Hambatan yang terdapat dalam penelitian ini, antara lain orang tua yang sibuk bekerja, asik dengan dunianya sendiri, emosi anak yang belum stabil, dan sulit membangunkan anak saat sholat subuh. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya mengambil informan sebanyak dua orang tua. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya untuk lebih mewawancarai kedua belah pihak yaitu dari anak dan orang tua.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Keluarga, Teori Peran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.