Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Kelas XII Di SMA NEGERI 10 Semarang

Esti Tri Astarina, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional pada kelas XII di SMA Negeri 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecemasan dan skala efikasi. Skala kecemasan berjumlah 27 aitem berdaya beda tinggi dengan koefisien korelasi skor aitem total bergerak antara 0,31 - 0,76 dengan reliabilitas 0,915. Skala efikasi diri berjumlah 28 aitem berdaya beda tinggi dengan koefisien korelasi skor aitem total bergerak antara 0,301 -  0.718 dengan reliabilitas 0,909. Uji hipotesis menggunakan teknik Product Moment dengan korelasi rxy = -0.408 dengan taraf signifikansi 0.000 (p< 0.05).  Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII SMA Negeri 10 Semarang. Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa jika semakin tinggi tingkat efikasi yang dimiliki siswa, maka akan semakin rendah tingkat kecemasan yang di miliki siswa dalam menghadapi ujian nasional, begitu pula sebaliknya semakin rendah tingkat efikasi diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi kecemasan yang dimiliki siswa dalam menghadapi ujian nasional pada kelas XII di SMA Negeri 10 Semarang. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap kecemasan sebesar  16,6%, dan selebihnya diperoleh dari faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.