PEMIKIRAN EKONOMI ABU YUSUF (YA’QUB BIN IBRAHIM BIN SA’AD BIN HUSEIN AL-ANSHORY) DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEBIJAKAN KEUANGAN PUBLIK DI INDONESIA

Agus Abdullah Abdullah, Muna Yastuti Madrah

Abstract


Jenis penelitian ini menggunakan kajian pustaka (Library Research) yang dilakukan dengan berdasarkan karya tulis untuk mencari data dan menggunakan metode kajian deskriptif analitis atau kualitatif yang berfokus pada pengamatan yang mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah Kontribusi Abu Yusuf dalam bidang ekonomi sangat besar, diantara pemikirannya antara lain: konsep keuangan publik yang meliputi tata kelola pendapatan negara dan pendistribusiannya serta mekanisme pasar (supply-demand). Abu Yusuf juga memandang negara yang didalamnya diwakili penguasa wajib memberikan kesejahteraan kepada segenap rakyatnya. Untuk mendukung itu, Abu Yusuf memberikan rekomendasi kebijakan antara lain: memperbaiki sistem perpajakan menjadi lebih transparan dan adil, mengklasifikasikan berbagai sumber yang bisa menjadi pendapatan negara (keuangan publik) serta menyerahkan pembentukan harga barang di pasar lewat mekanisme permintaan dan penawaran secara utuh. Di Indonesia sendiri, pemerintah menerapkan kebijakan keuangan publik yang serupa dengan di era Abu Yusuf. Misalnya Bea cukai yang serupa dengan ‘Usyr di era Abu Yusuf dengan landasan hukum UU No. 1O tahun 1995 yang kemudian mengalami revisi menjadi UU No. 17 tahun 2006. Didalam prinsip penarikan pajak, Indonesia menggunakan self assesment, Sistem ini yang dulu ditentang oleh Abu Yusuf karena menimbulkan kedzaliman dan ketidakadilan. Sealin itu, pemerintah Indonesia juga mengembangkan berbagai proyek yang tujuannya untuk kemaslahatan bersama yaitu dengan mendirikan berbagai BUMN untuk menunjang pembangunan nasional berjalan dengan cepat dan tepat sasaran.

Kata Kunci: Abu Yusuf, Ekonomi, Keuangan Publik, Indonesia


Full Text:

PDF

References


Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam (Yogyakarta: Bagaskara, 2012) Hlm. 4

Ali Rama, Schumpeterian “Great Gap†Thesis and Medieval Islamic Economic Thought: Interlink Between Greeks, Medieval Islamic Scholars and European Scholastics (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2017)

Adiwarman Azwar Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)

Prof. Dr. Boedi Abdullah, Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam (Bandung: Pustaka Setia Bandung, 2010)

Huda dan Muti, Keuangan Publik Islami (Pendekatan Al-Kharaj Imam Abu Yusuf), (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011)

Dudung Abdurrahman, Metodelogi Penelitian Sejarah Islam (Yogyakarta: Ombak, 2011)

Suprehaten, Pemikiran Abu Yusuf tentang Pasar dalam Kitab Al-Kharaj, (UIN Sultan Syarif Kasim: Riau, 2010)

Asep Muharam, Analisis Perbandingan Pemikiran Ekonomi Abu Yusuf dan Ibnu Taimiyah tentang Perubahan dan Intervensi Harga, (IAIN Bengkulu: Bengkulu, 2016)

Martina Nofra Tilopa, Pemikiran Ekonomi Abu Yusuf dalam Kitab Al-Kharaj, (IAIN IB Padang: Padang, 2017)

M. Iqbal Hasan, Pokok-pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya (Bogor: Ghalia Indonesia, 2002) Hlm.

Muhammad Hidayat, Pengantar Ekonomi Syariah, (Jakarta: Zikrul Hakim, 2010)

Ahmad Mujahidin, Ekonomi Islam Syariah: Konsep, Instrumen, Negara dan Pasar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013)

Euis Amalia, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dari Masa Klasik Hingga Kontemporer, (Jakarta: Pustaka Asatruss, 2005)

Sadono Sukirno, Mikroekonomi Teori Pengantar, (PT Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2012)

Hilaman Tisnawan, “Resensi Buku Keuangan Publik dalam Perspektif Hukum Teori, Praktik dan Kritikâ€. Artikel diakses pada tanggal 21 Mei 2020 dari :http//www.bi.go.id/NR/rdonlyres/A0050DCB-4CF8-4A5E-B196-BF1B4D6A4028/8011/5resensi.Pdf

Ahmad Amin, Daulah Al-Islami, (Kairo: Maktabah Al-Nahdiah Al-Misriyyah, 1974)

Syamsuri dan Ika, Upaya Pencapaian Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengelolaan Pajak: Relevansi Konsep Al-Kharaj di Indonesia, (Ponorogo: An-Nisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 2018)

Nazomi Majid, Pemikiran Ekonomi Islam Abu Yusuf, (Yogyakarta: Pusat Studi Ekonomi Islam, 2003)

NazorI Majid, Pemikiran Ekonomi Islam Abu Yusuf, (Pusat Studi Ekonomi Islam: Yogyakarta, 2003) Hlm. 75

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam, Ekonomi Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008)

Faisal Basri, Lanskap Ekonomi Indonesia Kajian dan Renungan atas Masalah-masalah Struktural, Transformasi Baru dan Prospek Perekonomian Indonesia, (Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2012)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.