KONTRIBUSI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MAN 1 SEMARANG

Putri Atrasina Dianati Nur, Sarjuni Sarjuni

Abstract


Pendidikan akhlak peserta didik yang bersekolah di MAN 1 Semarang diberikan orang tua dari sejak kecil dengan menyekolahkan yang banyak kajian agamanya. Pendidikan akhlak di sekolah disampaikan pada guru mata pelajaran dengan membudayakan senyum, salam, sapa, serta salaman, pemberian nasihat jika anak melakukan kesalahan, dan orang tua tidak pernah memberikan reward pada anak, Penilaian akhlak pada peserta didik ada dalam nilai rapot yaitu pada aspek psikomotor yang dinilai setiap semesternya dan dilaporan pada orang tua. Kontribusi keluarga dalam membentuk akhlak anak mereka yang bersekolah di MAN 1 Semarang pada dasarnya orang tua kooperatif, ada orang tua yang tidak pernah menanyakan perkembangan anaknya, serta kerjasama orang tua dengan sekolah untuk menanyakan perkembangan anaknya baik lewat WA maupun lewat telpon bahkan ada yang datang langsung, lewat pertemuan pengambilan rapot. Akhlak yang dimiliki oleh peserta didik di MAN 1 Semarang akhlak antar sesama teman masih kurang karena mereka terkadang masih mengggunakan bahasa gaul yang tidak dimengerti oleh guru dan terkesan aneh. Kendala lingkungan dalam pergaulan yang menjadi penghambat. Pengawasan orang tua dilakukan dengan penetapan jam pulang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.