Peran Kepolisian Dalam Menanggulangi Keberadaan Geng Motor Anak Di Kota Semarang (Studi di Polrestabes Semarang)

Rinaldi Pratama, Indah Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepolisian dalam menanggulangi geng motor anak dan untuk mengetahui kendala dan solusi dari kepolisian dalam menanggulanggi geng motor anak.
Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. analisis data dengan cara sistematis melipui reduksi data, penyajian Data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dari penulisan ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh aparat kepolisian  Kota Semarang dalam menanggulangi tindak pidana kejahatan geng motor yang dilakukan oleh anak
di bawah umur yaitu melakukan upaya Pre-emptif, Preventif dan Represif. Dalam melakukan Upaya penanggulangan pihak kepolisian mendapatkan hambatan yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal berasal dari dalam kesatuan Kepolisian yaitu Sumber Daya Manusia
dan Fasilitas. Hambatan eksternal yaitu peran orang tua dan media sosial. Solusi dalam menghadapi hambatan internal dengan cara melakukan Pengajuan kepada Mabes Polri dalam menambah Unit Satuan Cyber Crime dan menggunakan kendaraan pribadi untuk pelaksanaan Patroli sedangkan hambatan eksternal pihak Polrestabes Kota Semarang melakukan pendekatan secara Intensif kepada orang tua dan dalam menghadapi masalah media sosial yaitu pihak Polrestabes selalu mengawasi Media Sosial melalui Tim IT.
Kata Kunci: Kepolisian, Menanggulangi, Geng Motor Anak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.