Tinjauan Yuridis Tentang Wanprestasi Dalam Pelaksanaan Perjanjian Sewa-Menyewa Mobil Di C.V Sukses Abadi Bersama Rent Car Semarang

Daffaro Mecca Alfi, Peni Rinda Listyowati

Abstract


Di zaman modern ini hubungan antara manusia satu dengan lainnya sangat penting terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. salah satu kebutuhan hidup manusia adalah alat transportasi. Penggunaan transportasi darat khususnya roda empat (mobil) sudah menjadi kebutuhan masyarakat namun tak semua orang bisa memiliki mobil sendiri. Permasalahan tersebut ternyata memberikan peluang dan kesempatan berbisnis bagi pihak lain untukmendapatkan keuntungan dalam bidang sewa menyewa, usaha tersebut lebih dikenal sebagai rental mobil. Salah satu bidang jasa tersebut adalah C.V Sukses Abadi Bersama Rent Car.
Dalam bisnis rental mobil ini sudah pasti memiliki resiko tersendiri dalam pelaksanaan sewa menyewanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pelaksanaan sewa menyewa mobil pada C.V Sukses Abadi Bersama Rent Car, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab wanprestasi dan penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh C.V Sukses Abadi Bersama Rent Car. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode yuridis sosiologis yang, kemudian penelitian ini bersifat deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui studi lapangan dengan cara wawancara, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari penelitian kepustakaan dan dokumen. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa bentuk perjanjian pada C.V Sukses Abadi Bersama adalah lisan, sedangkan prosedur pada C.V Sukses Abadi Bersama Rent Car adalah dengan mendatangi kantor lalu menyetujui beberapa persyaratan setelah itu penyewa harus memberikan beberapa berkas sebagai jaminan. sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan wanprestasi adalah terlambat mengembalikan, lalai dalam mengemudi sehingga menyebabkan mobil sewaan rusak dan lain sebagainya dan C.V Sukses Abadi Bersama menyelesaikan permasalahan dalam dua cara yaitu secara kekeluargaan dan peradilan.
Kata kunci : Perjanjian Sewa Menyewa, Wanprestasi, Alat Transportasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.