TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG

Dwi Setyo Utomo, Achmad Sulchan

Abstract


Penelitian ini, berjudul “TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur dan proses Penyidik Kepolisian melakukan penyitaan barang bukti dalam tindak pidana pencurian di Polrestabes Semarang, Serta upaya dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh penyidik kepolisian Polrestabes Semarang dalam mengelola barang bukti dalam Tindak Pidana Pencurian.

Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data yang diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. Analasis data dengan cara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Berdasarlan Hasil Penelitian dapat ditarik kesimpulan: pelaksanaan prosedur-prsedur penyitaan barang bukti oleh penyidik Polrestabes Semarang dalam penyidikan tindak pidana pencurian telah sesuai dengan dasar peraturan yang menjadi dasar acuan penyidik dalam penyitaan barang bukti. Peraturan tersebut yaitu pasal 5 ayat (1) huruf b angaka 1, pasal 7 ayat (1) huruf d, pasal 11, pasal 38, pasal 39, pasal 40, pasal 128, pasal 129, pasal 130, pasal 131 KUHAP dan Undang-undang nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh penyidik kepolisian Polrestabes Semarang dalam menyita dan mengelola barang bukti sejauh ini belom ada, dikarenakan barang bukti yang telah disita disimpan di kantor Polrestabes Semarang lebih khusus di SAT TAHTI (Kesatuan Tahanan Dan Barang Bukti).

 

Kata kunci : Penyidikan , Penyitaan, Barang Bukti.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.