SISTEM REKRUTMEN KARYAWAN KOPERSEMAR MENGGUNAKAN METODE FMADM DAN SAW

Ulfa Andik Echwanudin, Bagus S W.P, Dedy Kurniadi

Abstract


Koperasi Karyawan PT Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Semarang merupakan koperasi yang bergerak di bidang dagang dan jasa. Dalam proses rekrutmen karyawan KOPERSEMAR masih menggunakan sistem konvensional yang mengharuskan pelamar kerja mengumpulkan berkas lamaran, terkadang pelamar juga tidak dipanggil untuk mengikuti kegiatan tes masuk kerja karena berkas yang terlalu banyak menumpuk. HRD ( Human Resource Development ) juga kesulitan karena melakukan cek berkas tiap pelamar pada saat dibukanya rekrutmen karyawan.
Fuzzy MADM merupakan suatu metode untuk mencari sebuah alternatif optimal dari sejumlah alternatif yang memiliki kriteria tertentu, FMADM pada intinya menentukan bobot dari setiap atribut yang dilanjutkan dengan proses perankingan yaitu menyeleksi serta mengurutkan alternatif yang sudah ada (Kaswidjanti, Aribowo, & Wicaksono, 2014). Dalam penelitian ini dilakukan eksperimen dengan menggunakan metode Fuzzy MADM ( Multiple Additive Decision Making ) dan pembobotan SAW ( Simple Additive Weighting ). Dari hasil yang telah didapat pada penjelasan bab sebelumnya, terdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan yaitu sebagai berikut : Aplikasi yang telah dibuat melakukan implementasi metode FMADM dan SAW untuk membantu mendukung keputusan bagian
HRD ( Human Resource Development ) saat mengambil keputusan menentukan penerimaan karyawan di KOPERSEMAR. Serta membantu pimpinan untuk dapat melihat hasil nilai dan penilaian rekrutmen calon karyawan, Sistem atau aplikasi yang dibuat berperan sebagai penerapan teknologi IT di KOPERSEMAR dari yang sebelumnya harus manual, Metode SAW dapat melakukan perhitungan yang baik apabila pembobotan dan penilaian kriteria tiap variabel yang dibutuhkan benar benar di input oleh HRD perusahaan atau orang yang mengerti tentang penilaian untuk tiap variable.
Kata Kunci : Sistem Rekrutmen Karyawan Kopersemar, Metode Fmadm dan Saw

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.