EVALUASI KINERJA JALAN PURWODADI – BLORA AKIBAT TERJADINYA PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN DIKAWASAN JALAN PURWODADI - BLORA (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Polsek tawangharjo sampai perempatan Desa Tawangharjo)

Budi Prakosa

Abstract


Abstrak

 

Pada awalnya jalan hanyalah sebuah jejak yang dilalui oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan seiring berkembannya peradaban, kebutuhan manusia semakin banyak, dan menjadikan aktifitas pergerakan di jalan akan menjadikan aktifitas pergerakan transportasi ini diakibatkan dari aktifitas  pergerakan suatu kota atau suatu daerah, akan menjadikan aktifitas pergerakan dijalan akan semakin meningkat dan seiring berjalannya waktu akan menyebabkan masalah transportasi. Masalah transportasi di sebabkan oleh ketidak seimbangnya komponen dari suatu sistem transportasi. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kemacetan diruas jalan. Berdasarkan pada data badan pusat stastistik (BPS) Kabupaten Grobogan mempunyai jumlah penduduk 1.365.207 jiwa dengan laju pertumbuhan 0,56% dan tingkat kepadatan penduduk 684 jiwa/km­­­2pada tahun 2017.Seiring bertumbuhnya perekonomian didaerah tersebut membuat jalan tersebut mengalami masalah dan salah satunya masalahnya adalah kemacetan.

Pada Tugas Akhir ini dilakukan penelitian, analisa, dan pembahsan pada ruas Jalan Purwodadi – Blora segmen depan Polsek Tawangharjo – perempatan Desa Tawangharjo Kabupaten Grobogan akibat pertumbuhan ekonomi didaerah ruas jalan tersebut yang menghasilkan nilai derajat kejenuhan (Degree Of Saturation/DS) sebesar 0,75 pada arah Barat ke Timur dan 0,64 pada arah Timur ke Barat.

Dengan tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) kategori “C” dengan batas lingkup derajat kejenuhan Q/C yaitu antara 0,75-0,74 untuk arah Timur ke Barat yang berati jalan tersebut memiliki arus stabil serta kecepatan dan pergerakan kendaraan dapat dikendalikan dan kategori “D”  0,75 – 0,84 yang berati arus mendekati stabil, kecepatan masih dapat ditorerir. Ruas Jalan Purwodadi – Blora Kabupaten Grobogan segmen Polsek Tawangharjo – perempatan Desa Tawangharjo akan mengalami penurunan kinerja jika tidak dilakukan upaya untuk mempertahankan kinerja ruas jalan tersebut. Dengan ukuran lebar jalan dan kapasitas jalan saat ini hanya akan mampu melayani arus lalu lintas kategori “C” dan “D” sampai tahun 2022

 

Kata Kunci : Kemacetan Jalan Akibat Pertumbuhan Perekonomian.


Full Text:

Untitled PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.