PEMILIHAN CHEMICAL UNTUK PROSES FATLIQUORING PADA PENYAMAKAN KULIT DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN METODE TECHNIQUE OF ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus di UD. Hoki Mulia Magetan)

Alfin Ichsanul Fathoni, Andre Sugiyono, Brav Deva Bernadhi

Abstract


UD. Hoki Mulia merupakan salah satu unit perusahaan yang bergerak di industry penyamakan kulit berada di kawasan UPT Industri Kulit dan Produk Kulit Kabupaten Magetan. UD. Hoki Mulia seringkali dihadapkan permasalahan dalam hal pengendalian pemilihan bahan
fatliquoring agent yang didatangkan dari berbagai supplier. yang sering bergonta-ganti dalam pemakaian bahan chemical yang digunakan sepanjang tahun 2017 sehingga mempengaruhi dalam proses produksinya yang sering dikeluhkan oleh operator produksi dikarenakan setiap awal melakukan proses produksi harus merumuskan ulang formulasi yang digunakan, dan juga setiap bergonta-ganti chemical seperti itu dirasa boros dalam pengaplikasianya sehingga berdampak pada biaya produksi dan juga pada dampak lingkungan disekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Berdasarkan pengisian kuisioner yang dilakukan, dihasilkan 5 kriteria dan 7 subkriteria dalam pemilihan bahan chemical. Ditinjau dari hasil metode AHP didapat bobot kriteria terbesar adalah kriteria karakter chemical dengan bobot (0.33). Sedangkan perhitungan dengan menggunakan metode TOPSIS, maka didapat alternatif yang mempunyai rangking pertama adalah chemical Yolkanol L5TC dengan nilai sebesar 0.83 atau presentase 25.54%.
Kata kunci :Pemilihan chemical, AHP, TOPSIS, chemical terbaik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.