Karakteristik Pasar Pariwisata Kota Semarang

Etika Sukma Adiyanti, Mila Karmilah, Agus Rochani

Abstract


Abstrak – Kota Semarang sebagai kota yang majemuk akan nilai budaya dan alam merupakan sebuah potensi pariwisata. Sementara itu pasar pariwisata adalah salah satu faktor kesuksesan sebuah kota dalam memasarkan kotanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan karakter pasar pariwisata di Kota Semarang agar dapat menjadi pertimbangan penentuan kebijakan pariwisata di Kota Semarang. Untuk itu peneliti ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data distribusi frekuensi dan dilanjutkan dengan kajian kualitatif dengan analisis deskriptif depth-interview agar mendapatkan perspektif yang lebih luas dan mendalam. Hasil analisis dengan segmentasi pasar pariwisata di Kota Semarang menunjukkan bahwa Kota Semarang didominasi oleh wisatawan berusia 15-30 tahun dimana mayoritas merupakan wisatawan domestik. Kecenderungan kunjungan wisata banyak dipengaruhi oleh atraksi yang ditawarkan, fasilitas dan aksesibilitas serta pengetahuan
wisatawan melalui sosial media.
Kata kunci: Pasar Pariwisata, Karakteristik Wisatawan, Pemasaran Kota


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.