Analisis Sentimen pada Komentar Sosial Media Instagram Layanan Kesehatan BPJS Menggunakan Naïve Bayes Classifier

Ahmad Karim, Sam Farisa C, Mustafa Mustafa

Abstract


Abstrak - Instansi Pelayan Kesehatan Pemerintah seperti BPJS Kesehatan membutuhkan feedback dari masyarakat yang merupakan sumber informasi untuk meningkatkan kinerja. Umpan balik yang didapatkan dari masyarakat tidak hanya yang bersifat positif, melainkan juga bersifat negatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sentimen berdasarkan komentar masyarakat terhadap akun sosial media pemerintahan
dengan mengklasifikasikan secara otomatis menggunakan algoritma naïve bayes classifier. Hasil implementasi dapat membantu pemilih akun menganalisis respon masyarakat terhadap suatu postingan berupa respon positive, negative atau netral. Metode klasifikasi berbasis pencocokan teks boyer moore berhasil diimplementasikan untuk melakukan klasifikasi teks komentar di postingan instagram. Metode yang
diusulkan memiliki performa baik dengan akurasi mencapai 73 persen.
Kata Kunci: Instagram, Text Mining, Sentiment Analysis, Naïve Bayes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.