Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Visual Alun-Alun Bung Karno Sebagai Pembentuk Citra Kota Ungaran

Dinda Intan Pratiwi

Abstract


Abstrak – Citra kota dihasilkan dari berbagai persepsi masyarakat yang menjalin hubungan emosional dengan kotanya. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menemukan persepsi masyarakat terhadap kualitas visual Alun-Alun Bung Karno sebagai pembentuk citra Kota Ungaran. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deduktif kualitatif pendekatan rasionalistik dengan
analisis deskriptif kualitatif. Persepsi masyarakat terhadap kualitas visual Alun-Alun Bung Karno sebagai pembentuk citra Kota Ungaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yang melatarbelakanginya, diantaranya ialah kondisi pelaku persepsi atau latar belakang narasumber, situasi pada saat proses wawancara, dan juga karakteristik objek atau karakteristik Alun-Alun Bung Karno. Persepsi masyarakat terhadap kualitas visual Alun-Alun Bung Karno sebagai pembentuk citra Kota Ungaran dapat diketahui melalui kemudahan dikenalinya Alun-Alun Bung Karno oleh masyarakat Kota Ungaran
melalui identity name atau sign name bertuliskan “Alun-Alun Bung Karno†serta lokasinya yang dinilai strategis, pola hubungan yang terjalin antara Alun-Alun Bung Karno dengan masyarakat dan elemenelemen di sekitarnya sangat positif, keberadaan Alun-Alun Bung Karno berdampak baik bagi
masyarakat dan wilayah di sekitarnya, serta kemampuan Alun-Alun Bung Karno melalui persepsi masyarakat bisa dijadikan sebagai salah satu simbol atau identitas baru di Kota Ungaran yang berkesinambungan dengan ikon-ikon identitas Kota Ungaran yang lain dalam membangun citra Kota Ungaran kedepan, namun untuk saat ini Alun-Alun Bung Karno dinilai belum bisa dijadikan sebagai simbol atau identitas Kota Ungaran karena belum ada hal unik dan khas yang menonjol pada Alun- Alun Bung Karno.
Kata kunci: persepsi masyarakat, kualitas visual, alun-alun, citra kota, Kota Ungaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.