Rancang Bangun Pemantauan Jarak Jauh Suhu Dan Kelembaban Udara Kandang Anak Ayam Berbasis Arduino Dan Borland Delphi 7.0

Guntur Noor Fadhly, Muhammad Khosyi'in, Agus Suprayitno

Abstract


Abstrak –Pemanfaatan teknologi yang terbaru dapat diaplikasikan ke sistem pemantauan jarak jauh untuk memonitor suhu dan kelembaban kandang ayam tersebut. Salah satu teknologi yang bisa dipakai adalah teknologi wireless dengan menggunakan modulasi frekuensi, sehingga dapat memantau secara real time walaupun jarak kandang dan rumah yang relatif jauh. Teknologi dengan teknik modulasi frekuensi dengan menggunakan frekuensi yang sudah umum dipakai, yaitu frekuensi 2,4 GHz dapat dipakai untuk mengirimkan dan menerima data dalam jarak yang jauh. Sensor DHT22 digunakan untuk mengindera suhu dan kelembaban dalam kandang anak ayam dan modul RF NRF24L01 digunakan untuk memodulasi dan medemodulasi data yang dikirim dan data yang diterima. Borland Delphi 7.0 digunakan sebagai antarmuka visual dalam pemantauan suhu dan kelembaban kandang anak ayam.
Lampu dan kipas diatur hidup dan matinya berdasarkan pengaturan nilai suhu dan kelembaban dalam program Arduino. Penerimaan data suhu dan kelembaban secara wireless akan memudahkan peternak untuk memantau kondisi kandang anak ayam secara real time. Hasil pengujian sensor DHT22 dengan thermohygrometer analog dan digital menunjukkan ada selisih dalam pembacaan suhu dan kelembaban, dengan akurasi 97,11% untuk pengukuran suhu dan 87,49% untuk pengukuran kelembaban. Sedangkan tingkat kepresisian pengukuran suhu 98,491% dan kelembaban 97,76%. Data bisa diterima ke penerima sampai dengan jarak 100 meter tanpa halangan. Data juga dapat secara baik diterima dan ditampilkan di software Borland Delphi 7.0 dalam bentuk visual text dan grafik.
Kata kunci: wireless, NRF24L01, Arduino, DHT22, Borland Delphi 7.0

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.