Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Penambahan Limbah Kertas

Rahadyan Widya Ramandana, Vicky Allif Fawaid, Abdul Rochim, Lisa Fitriyana

Abstract


Abstrak - Kertas merupakan salah satu bahan material yang jumlahnya sangat berlimpah dan jumlah limbah kertas semakin hari menjadi semakin banyak, kertas termasuk salah satu limbah yang mudah untuk didaur ulang. Peneliti memanfaatkan limbah kertas untuk menjadi bahan campuran penelitian stabilisasi tanah Tanjung Emas Semarang karena kertas mengandung unsur ca, jika dicampur dengan air dan tanah maka akan menjadi ca+ yang dapat mengikat partikel partikel negative pada tanah, bahan limbah kertas yang digunakan pada pengujian ini yaitu kertas jenis hvs, tanah yang dipakai pada pengujian ini yaitu tanah yang diambil dari daerah Tanjung Emas Semarang. Pengujian yang dilaksanakan pada tanah asli dan tanah yang dicampur kertas dengan prosentase 5%, 10%, 15%, 20%, 25% meliputi uji Kadar air, Berat jenis tanah, Analisa saringan , Atterberg limit, Direct shear, Proctor standart, dan CBR.  Hasil pengujian yang dilakukan pada laboratorium dapat disimpulkan tanah asli Tanjung Emas Semarang memilikki potensi mengembang yang tinggi dan plastisitas tanah yang tinggi serta CBR rendah dengan nilai 7,72%, setelah dilakukan stabilisasi menggunakan bahan campuran limbah kertas tanah Tanjung Emas Semarang mengalami penurunan nilai pada batas cair (Liquid Limit), batas plastis (Plastic Limit) dan indeks plastisitasnya sehingga menurunkan plastisitas tanah dan potensi pengembangan tanah  serta memilikki pengaruh baik pada kekuatan tanah karena meningkatkan nilai CBR.

 

Kata Kunci : Stabilisasi, Limbah Kertas, Indeks Plastisitas.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

ASTM International D2216. (2010). “Standart Test Methods for Laboratory Determination of Water (Moisture) Content of Soil and Rock.†Mass ASTM International, West Conshohocken, PA.

ASTM International D422. (2012) . Standart Test Methods for Determining Average Grain Size. ASTM International.

ASTM International D1833. (1999) . “Standart Test Methods for CBR (California Bearing Ratio) of Laboratory-Compacted.†04(May), 1-8.

ASTM International D4318. (2000) . “Standart Test Methods for Liquid Limit, Plastic Limit, and Plasticity Index of Soils.†ASTM International.

Aulia, Khanif. Stabilitas Tanah Lempung Menggunakan Limbah Padat Pabrik Kertas Terhadap Kuat Geser Tanah. Universitas Negeri Semarang, 2008.

Bowles J., 1984, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah) Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Candra, Agata Iwan, et al. "Studi Kasus Stabilitas Struktur Tanah Lempung Pada Jalan Totok Kerot Kediri Menggunakan Limbah Kertas." UKaRsT 2.2 (2018): 88-97.

Craig, B. M., 1991, Mekanika Tanah, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Das, Braja M., 1993, Mekanika Tanah Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Das, Braja M., 1995, The Principle of Geotechnical Engineering (Mekanika Tanah), Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hardiyanto. 1992. Mekanika Tanah 1. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hardiyatmo Christady Hary. 1996, Mekanika Tanah Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hardiyatmo Christady Hary. 2002, Mekanika Tanah Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hendra Cahyadi, Norseta Ajie Saputra, Zaini Gani. "Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Limbah Kertas Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR)." Prosiding Seminar Nasional Proyek dan Konstruksi. Vol. 1. Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan, 2019.

Herman, O. P. Sari. "Pengaruh Penambahan Abu Limbah Kertas Terhadap Kembang Susut Tanah Lempung." Jurnal Teknik Sipil ITP ISSN 2354-8452 E-ISSN 2614-414X 5.1 (2018): 7-15.

Punmia, B. (1981). Soil mechanics and foundations. Delhi: Standard Book House.

Ramadhany, A.S., A Anugroho dan P. Subardyo. 2011. Daerah Rawa Genangan Rob di Wilayah Semarang. Jurnal Ilmu Kelautan Vol. 1 No. 2. 2012 : 174 – 180.

Terzaghi, K., Peck, R. B. 1987. Mekanika Tanah Dalam Praktek Rekayasa. Penerbit Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.