USULAN SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIE (SMED) DAN KONSEP 5S UNTUK MEREDUKSI WAKTU SETUP PADA MESIN WEB DAN TSK

Irawan Bimantoro, Wiwiek Fatmawati, Akhmad Syakhroni

Abstract


CV. Aneka Ilmu merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri percetakan yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Perusahaan ini mampu menerima segala bentuk pesanan buku, antara lain buku paket sekolah, lembar kerja siswa, buku saku, Al-Quran dan permintaan custom lainnya. CV. Aneka Ilmu mempunyai berbagai macam mesin sendiri seperti mesin plating and filming, dua buah mesin cetak WEB (Solna Distributor dan Heidelberg Harris), mesin pemotong kertas, mesin jahit, mesin laminasi, mesin klip kawat, mesin bending otomatis (Tokyo Shuppan Machinery) dan mesin pembungkus plastik. Semua proses produksi mulai dari percetakan, pemotongan, penjahitan, menata, klip kawat, pengeleman, dan membungkus dilakukan sendiri didalam perusahaan tetapi untuk mencetak cover buku dan untuk mengantisipasi jumlah order yang berlebihan perusahaan menerapkan subcon ke salah satu perusahaan yang ada di Semarang.

Waktu setup yang diperlukan operator pada mesin cetak WEB sekitar 46 menit (masih berada diatas standar yang diterapkan oleh perusahaan yaitu 30 menit), sedangkan untuk waktu setup mesin bending otomatis sekitar 41 menit (masih berada diatas standar waktu yang diterapkan adalah 25 menit). Sedangkan proses setup dikedua mesin tersebut untuk pergantian layout produk bisa diilakukan  dua sampai empat kali per hari. Waktu setup pada mesin cetak WEB yang diatas standar dapat mengakibatkan proses pencetakan menjadi berkurang outputnya, dimana mesin ini mampu mencetak satu katern (kertas ukuran A0 yang di cetak dan di bagi menjadi 16 lembar kertas A5 atau sesuai ukuran kertas yang diinginkan). Dan waktu setup yang berlebihan pada mesin bending otomatis dapat mengakibatkan jumlah output produk jadi berkurang karena  dengan aliran produksi yang lancar maka mesin ini dapat menghasilkan 4 buku perdetik.

Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan metode SMED dapat mengurangi elemen kerja pada mesin WEB dari 38 elemen kegiatan menjadi 32 elemen kegiatan setup, sedangkan pada mesin TSK dari 51 elemen kegiatan menjadi 34 elemen kegiatan setup. Konsep 5S sendiri  dapat mereduksi waktu setup pada mesin WEB sebesar 31,47% sedangkan waktu setup pada mesin TSK sebesar 49,31%..

Kata Kunci : Mesin WEB, Mesin TSK, Single Minute Exchange Of Die (SMED), 5S, Setup time.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.