ANALISIS PERBANDINGAN KOEFISIEN TANAH LATERAL MENGGUNAKAN METODE PERHITUNGAN MANUAL (NUMERIK) DAN METODE ELEMEN HINGGA (PLAXIS)

Sinta Puja Agusty, Trisviani Ardhia Pramesti, Rinda Karlinasari, Abdul Rochim

Abstract


ABSTRAK

Salah satu teknik pengendalian tanah yang digunakan untuk mendapatkan daya dukung tanah yaitu menggunakan dinding penahan tanah. Dinding penahan tanah berfungsi untuk menahan gaya tekanan aktif lateral tanah. Koefisien tekanan tanah lateral sangatlah berhubungan dengan tekanan aktif lateral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan koefisien tanah lateral menggunakan metode perhitungan manual (numerik) dan metode elemen hingga (Plaxis V.8) dengan variasi  jenis tanah, ketinggian timbunan, dan panjang sheet pile yang berbeda.

Analisis penelitian ini menggunakan 2 (dua) metode yaitu metode perhitungan manual (numerik) tekanan tanah lateral menurut Rankine dan metode elemen hingga berupa program Plaxis V.8. Langkah awal dengan membuat suatu pemodelan dan memasukan data parameter yang sesuai dengan keinginan, kemudian masuk ketahap perhitungan dan akan menghasilkan output berupa tegangan total rata-rata. Setelah mengetahui hasilnya dilakukan trial and error pada rumus tegangan tanah lateral menurut Rankine. Selanjutnya membandingkan hasil dari kedua metode tersebut.

Berdasarkan analisis dari kedua metode tersebut dengan jenis tanah yang digunakan seperti tanah pasir dan tanah lempung, tinggi timbunan yang digunakan 5 meter, 6 meter, 7 meter, 8 meter, dan 9 meter serta panjang sheet pile tiga kali tinggi timbunan atau sebesar 15 meter, 18 meter, 21 meter, 24 meter, dan 27 meter, maka didapatkan perbandingan hasil K0 Theory = K0 Fem, Ka Theory < Ka Fem, dan Kp Theory > Kp Fem.

 

Kata Kunci : Tanah Lempung, Tanah Pasir, Sheet pile, Koefisien Tanah Lateral, Plaxis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.