ANALISA WAKTU DAN BIAYA PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG GUDANG DAN KANTOR PT ABC SEMARANG DENGAN EARNED VALUE ANALYSIS

Randa Gustama Putra, Wiwiek Fatmawati, Eli Mas’idah

Abstract


Manajemen kontruksi adalah perencanaan, penjadualan dan pengendalian proyek untuk mencapai tujuan proyek tanpa ada penyimpangan. Manajemen yang efektif dari suatu program selama siklus operasi proyek kontruksi memerlukan pengorganisasian biaya dan sistem pengontrolan yang baik. Kompleknya masalah selama pelaksanaan pekerjaan proyek menyebabkan banyak proyek yang selesai tidak sesuai dengan yang direncanakan. Baik tidak tepatnya waktu, biaya dan mutu yang terkadang terjadi overbudget. Untuk mengatasi hal ini perlu adanya manajemen biaya, kualitas, dan waktu yang baik. PT ABC adalah perusahaan baru di Indonesia telah berkomitmen siap melayani kebutuhan publik dalam bidang jasa pengiriman barang dan ekspedisi. Selama pelaksanaan proyek tersebut perlu adanya analisa waktu dan biaya terhadap proyek yang berlangsung sesuai dengan waktu dan biaya yang direncanakan. Pengendalian waktu yang baik diharapkan dapat membantu pelaksanaan proyek sesuai dengan waktu yang direncanakan. Adapun hasil penelitian yang dihitung dengan metode Earned Value Analysis (EVA) didapatkan nilai pada SV (Schedule Varians) terdapat nilai negatif pada minggu ke-1,2,3,4,5,7,17,19,20,21,22,23,24 dan 31 dengan faktor penyebab keterlambatan antara lain: terlambatnya memulai pelaksanaan proyek, terlambatnya pengiriman bahan baku atau material, rencana kerja yang kurang baik, kerusakan peralatan saat pengerjaan proyek dan terjadinya cuaca yang tidak diinginkan. Sedangkan nilai SPI (Schedule Performanced Indeks) terdapat nilai dibawah atau kurang dari 1 pada minggu ke-1 hingga minggu ke-13 dan minggu ke-20 hingga minggu ke-36 yang angka indeksnya kurang dari angka satu. Dengan ketentuan SPI yang sudah ada bahwa nilai kurang dari 1 artinya kinerja tenaga proyek yang buruk mengakibatkan keterlambatan pada proyek atau tidak sesuainya rencana awal dengan realisasi pekerjaan proyek. Pada akhir minggu yaitu minggu ke-36 diperoleh hasil ETS (Estimate Temporary Schedule) dengan nilai hasil sama dengan -6 yang menunjukkan pada akhir proyek ada keterlambatan 6 minggu dari yang direncanakan. Membuktikan bahwa memang proyek terlambat selama 6 minggu.

 

Kata Kunci : Manajemen Proyek, Waktu, Biaya, Earned Value Analisys, Kontruksi


Full Text:

PDF

References


Bangun, J. U. (2018). Analisa Pengendalian Waktu Dan Biaya Pada Tahap Pelaksanaan Proyek Dengan Menggunakan Metode Nilai Hasil.

Dumadi, T. A. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Proyek Menggunakan Metode Earned Value Analysis. Surakarta.

Febri, E. R. (2015). Analisis Kinerja Biaya dan Waktu Dengan Metode Nilai Hasil (Earned Value Analysis) Pada Pekerjaan Renovasi Tahap II Asrama Wana Mulia SMK Kehutanan Samarinda. Samarinda: Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil.

Juliana. (2016). Analisa Pengendalian Biaya Dan Waktu Pada Proyek Konstruksi Dengan Metode Earned Value Management. 257-265.

Kadir, A. (2016). Analisa nilai hasil terhadap waktu dan biaya pada proyek pembangunan fakultas pertanian universitas hasanudin. Jurnal Tugas Akhir, 1-8.

Kartikasari, A. (2012). Analisa Nilai Hasil Terhadap Waktu Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Gedung Perkuliahan Fisipol Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). surakarta.

Rahman, I. (2010). Earned Value Analysis Terhadap Biaya Pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung C Fakultas Mipa UNS). Surakarta.

Sediyanto. (2017). Analisa Kinerja Biaya Dan Waktu Pada Pelaksanaan Proyek Kontruksi Dengan Metode Earned Value.

Soeharto, I. (1995). Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional) Jilid 1 Konsep, Studi Kelayakan dan Jaringan Kerja. Ciracas , Jakarta: Erlangga.

Susanti, B., Melisah, & Juliantina, I. (2019). Penerapan Konsep Earned Value Pada Proyek Kontruksi Jalan Tol ( Studi Kasus Ruas Tol Kayuangungpalembang - Betung ). Jurnal Rekayasa Sipil, Vol. 15 No. 1.

Wahyudi, F. (2015). Analisa Pengendalian Biaya Dengan Menggunakan Earned Value Concept (Studi Kasus : Proyek Pembagunan Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas Padang).

Widayanti, D. A. (2017). Pengendalian Biaya dan Waktu Dengan Menerapkan Metode Earned Value Analysis (EVA) Menggunakan Software Primavera Project Planner P6 (Studi Kasus Proyek Pembangunan Hotel Brothers 2 Solo Baru, Sukoharjo). Universitas Sebelas Maret (pp. 1457-1464). Sukoharjo: Teknik Sipil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.