PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN DAN KINERJA KEUANGAN

Hilya Nafi Husna, Provita Wijayanti

Abstract


Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki kinerja keuangan diperhitungkan oleh pelaku bisnis terhadap pelaporan ekonomi, sosial dan lingkungan. Fenomena menunjukkan perkembangan perbankan syariah cenderung stagnan di tengah tingginya penduduk muslim Indonesia yang terbesar di dunia. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Dan Kinerja Keuangan.â€

Jenis penelitian kuantitatif, jenis data sekunder. Populasinya adalah seluruh bank umum syariah yang terdaftar di BEI selama periode 2014 – 2018, sampel sebanyak 13 bank umum syariah sengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskodestisitas), regresi sederhana, uji t, uji F dan ujiR2.

Hasil pengolahan data, uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi autokorelasi dan tidak terjadi heteroskedestisitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel ICSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan dan kinerja keuangan yang diproksi dengan ROE, NPM dan GPM. Variabel ICSR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang  diproksi dengan ROA. Hasil uji F menunjukkan ICSR berpengaruh terhadap reputasi perusahaan, kinerja keuangan yang diproksi dengan ROE, GPM dan NPM, sedangkan variabel ICSR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diproksi dengan ROA. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel ICSR dalam mempengaruhi reputasi perusahaan sebesar 8,5%, sedangkan terhadap kinerja keuangan yang diproksi dengan ROE sebesar 7,9%, terhadap GPM sebesar 8,5% dan terhadap NPM sebesar4,9%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.