PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL, MOTIVASI KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, LOCUS OF CONTROL, DAN TINDAKAN SUPERVISI TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Semarang)

Miftah Farid, Sri Dewi Wahyundaru

Abstract


Keberhasilan dan kinerja seseorang dalam melaksanakan pekerjaanya dalam dunia kerja ditentukan oleh berbagai aspek-aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu tersebut, permasalahan dalam mencapai kepuasan kerja akan berdampak pada pekerjaan mereka yang berkaitan dengan proses pengauditan laporan keuangan yang tentunya berdampak pada kepentingan  publik.

Jenis penelitian kuantitatif, Jenis data primer. Populasi seluruh auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang. Sampel sebanyak 41 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik(uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2.

Hasil uji kualitas data valid dan reliabel. Uji asumsi klasik data  berdistribusi, tidak terjadi multikolinieritas dan tidak tidak terjadi heteroskedastisitas. Uji t menunjukan hasil komitmen profesional berpengaruh positif sedangkan motivasi kerja, komitmen organisasi, locus of control dan tindakan supervisi berpengaruh negatif. Hasil Uji F nilai sig < 0,05 menunjukan secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Uji koefisien determinasi (R2) memiliki pengaruh sebesar 33,1% yang artinya

kepuasan kerja auditor dipengaruhi 5 variabel independen dan 66,9% dipengaruhi variabel lain.

Kata Kunci : Komitmen Profesional, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Locus Of Control, Tindakan Supervisi

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.