KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia ISSI untuk periode tahun 2017-2018)

Ilham fajar Eko, Indri Kartika

Abstract


Islamic Social Reporting merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap para stakeholder melalui berbagai kegiatan dengan menggunakan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas, jenis industri, umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan leverage Terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Populasi penelitian ini adalah Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI untuk periode tahun 2017-2018. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 404 observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Jenis industri berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Umur perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR).

Kata kunci : Karakteristik Perusahaan, ISR, ISSI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.