PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK MENGENAI KUALITAS PELAYANAN FISKUS, KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING

Muhamad Rizal Aditya, Judi Budiman

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keterkaitan kualitas pelayanan fiskus,
kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak dan kepuasan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM wajib pajak orang pribadi yang memiliki usaha bebas di Kantor Pratama Semarang Barat dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive accidental sampling dan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan pelayanan perpajakan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan wajib pajak orang pribadi (2) Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak orang pribadi (3) Kualitas pelayanan fiskal berpengaruh positif dan signifikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajibpajak orang pribadi (4) kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (5) sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (6) Kepuasan wajib pajak orang pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap wajib pajak orang pribadi kepatuhan.
Kata kunci : kualitas pelayanan fiskus, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan,
kepatuhan wajib pajak dan kepuasan pribadi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.