PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LEVERAGE TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada Perusahaan yang terdaftar di JII 2018-2019)

Puput Retno Hapsari, Winarsih Winarsih

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberi bukti bahwa ketepatwaktuan penyampaian
laporan keuangan sangat penting untuk menyediakan informasi keuangan tentang entitas pelapor yang berguna untuk investor saat ini dan investor potensial, pemberi pinjaman, dan kreditor lainnya dalam membuat keputusan tentang penyediaan sumber daya kepada entitas. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu mengambil sampel dengan menentukan kriteria tertentu dari suatu objek. Perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) selama periode pengamatan dari tahun 2018 sampai dengan 2019 dengan jumlah 32 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Jakarta Islamic Index dan laporan keuangan tahunan selama periode 2018-2019 perusahaanperusahaan sampel yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia di www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda dan menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan managerial, kepemilikan institusional dan leverage dalam penyampaian laporan keuangan perusahaan tidak terlalu berpengaruh dalam ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan setiap perusahaan.
Kata Kunci : laporan keuangan, investor, ketepatwaktuan laporan keuangan, kepemilikan managerial, kepemilikan institusional dan leverage.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.