PENGARUH PERSON JOB FIT, SELF CONCEPT, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MEANINGFULNESS OF WORK (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Kota Semarang)

Alifyanda Rizkia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh person job fit, self concept, dan motivasi kerja terhadap meaningfulness of work. Responden dalam penelitian ini adalah relawan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kota Semarang dengan total responden sebanyak 70 orang. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara pengambilan data secara online dan offline. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui media kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara person job fit terhadap meaningfulness of work, tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan antara self concept terhadap meaningfulness of work, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap meaningfulness of work. Secara simultan, person job fit, self concept, dan motivasi kerja berpengaruh terhadap meaningfulness of work. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,631 atau 63,1%. Sedangkan sisanya sebesar 0,369 atau 36,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Person Job Fit, Self Concept, Motivasi Kerja, Meaningfulness of Work.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.