PENGARUH MODAL INTELEKTUAL, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING A(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)

Yoga Fachrul Tristiawan, Muhammad Jafar Shodiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibukti secara empiris tentang pengaruh modal intelaktual terhadap kinerja keuangan, struktur modal terhadap kineerja keuangan, ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan,modal intelaktual terhadap nilai perusahaan, struktur modal terhadap nilai perusahaan, dukuran perusahaaan terhadap nilai perusahaan, kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2016-2018, sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang kemudian diperoleh 44 sampel perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 26.0.

Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa modal intelaktual berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, sturktur modal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan tapi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Selain itu, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan, ukuran perusahaan berpengaruh negatif siginifikan terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil mediasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa modal intelaktual, struktur modal dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan.

Kata kunci: Modal Intelaktual, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan,

  Kinerja Keuangan,  Nilai Perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.