PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN MOTIVASI WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN

Ajeng Diyah Puspitasari, Judi Budiman

Abstract


Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan utama pemerintah yang digunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah dan pembangunan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Motivasi Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah convencien sampling dengan menyebarkan kepada 100 orang wajib pajak bumi dan bangunan yang berada di Kantor Pos Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Wilayah I Kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan motivasi wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Motivasi Wajib    Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.