Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Moderating

Khoirul Umam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kinerja keuangan dalam memoderasi pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing terhadap tingkat underpricing. Perkembangan penawaran saham perdana dewasa ini masih tetap menemui permasalahan dalam hal underpricing. Kondisi underpricing merugikan perusahaan yang melakukan go public karena dana yang diperoleh perusahaan dari publik tidak maksimum sehingga pemilik perusahaan menginginkan agar meminimalisasikan situasi underpricing. Populasi yang digunakan adalah perusahaan  yang melakukan penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 sampai 2019.  Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling. Tenik analisis yang digunakan yaitu moderated regression analysis. Hasil penelitian membuktikan  (1) reputasi underwriter dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing, (2) ukuran perusahaan dan syariah compliance berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing, (3) kinerja keuangan tidak mampu memoderasi pengaruh reputasi underwriter, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, dan syariah compliance terhadap tingkat underpricing. Penelitian ini meyimpulkan bahwa kinerja keuangan tidak mampu menjadi solusi untuk memoderasi pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing untuk mengurangi tingkat underpricing. 

 

Kata Kunci : Underpricing, Underwriter, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Syariah Compliance, Kinerja Keuangan, Profitabilitas, Return on Asset.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.