Analisa Potensi Bahaya Pada Proses Produksi Paving Menggunakan Metode Job Safety Analysis

Muhammad Fadhli Nugroho, Eli Masidah, Sukarno Budi Utomo

Abstract


Penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan paving yang berada di Pati, Jawa Tengah. Kegiatan proses produksi yang berjalan di perusahaan menggunakan peralatan sederhana dan teknologi berbantuan mesin untuk menciptakan produktivitas terbaik. Kurangnya keselamatan kerja dan perilaku tidak aman perusahaan serta kondisi tidak aman menyebabkan interaksi manusia-mesin, yang menciptakan potensi bahaya. Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi, maka perlu dilakukan analisis terhadap potensi atau kemungkinan kecelakaan kerja selama proses produksi paving. Analisis yang tersedia untuk masalah ini adalah analisis keselamatan kerja (JSA). Job Safety Analysis (JSA) adalah alat yang dapat menganalisis potensi risiko kerja di tempat kerja. JSA dapat digunakan untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja. Potensi bahaya pada proses produksi pembuatan paving yaitu pada proses penyaringan terdapat beberapa potensi bahaya diantaranya kaki tersayat cangkul, tangan mengalami cidera otot, kaki terkena material,cidera punggung akibat sering membungkuk,sesak nafas,mata terkena debu dan material. Pada proses pencampuran terdapat beberapa potensi bahaya diantaranya cidera punggung akibat sering membungkuk, sesak nafas, mata terkena debu dan material, tangan tersengat listrik saat pengoperasian mesin, tangan mengalami cidera otot.  Kategori resiko dari masing masing potensi bahaya pada proses produksi pembuatan paving yaitu pada kategori sangat rendah sebanyak 1 potensi bahaya, pada kategori rendah sebanyak 15 potensi bahaya pada kategori moderate sebanyak 7 potensi bahaya, pada kategori tinggi sebanyak 6 potensi bahaya dan pada kategori bahaya ekstrem sebanyak 1 potensi bahaya. Tindakan pengendalian yang digunakan untuk meminimalisasi potensi bahaya kerja pada kegiatan proses produksi pembuatan paving berada pada kategori moderate, tinggi, ekstrem diantaranya dengan menggunakan pengendalian primary control meliputi memberikan fasilitas alat kerja baru seperti sekop,conveyor manual, secondary control meliputi memisahkan bahan material yang sudah tidak digunakan,memindahkan bahan setengah jadi ke tempat yang lebih luas, tertieri control meliputi memberikan pengawsan/training cara penggunaan alat dengan benar, membuat  poster/spanduk K3/campaign safety serta memberikan APD berupa sepatu boot, kacamata safety, masker, sarung tangan.


Full Text:

PDF

References


Agus, M. (2018). Analisa Potensi Bahaya dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis ( Jsa ) pada Petugas Bak Valve Di Pt Pgas Solution Tahun 2018.

Dharaka, K., & Sriyanto, S. (2015). Analisis Resiko Kerja pada Pembuatan Kardus Menggunakan Metode Job Safety Analisys (JSA) di CV MD Palletindo Div. CartonBox. None, 4(4).

Fauzi, A. S. (2009). JOB SAFETY ANALYSIS SEBAGAI LANGKAH AWAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA KECELAKAAN AKIBAT KERJA DI AREA ATTACHMENT FABRICATION PT. SANGGAR SARANA BAJA (Vol. 2009).

Gravitasi Diri: Perbedaan JSA dengan HIRADC. (n.d.). Retrieved March 9, 2021, from http://generasi21.blogspot.com/2017/01/perbedaan-jsa-dengan-hiradc.html

Haslindah, A., Andrie, A., Aryani, S., & Nur Hidayat, F. (2020). Penerapan Metode HAZOP Untuk Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Bagian Produksi Air Minum Dalam Kemasan Cup Pada PT. Tirta Sukses Perkasa (CLUB). Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME), 1(1), 20–24. https://doi.org/10.47398/just-me.v1i1.511

Ilham, M., Akbar, M., Anggara, R. D., & Wibowo, K. (2020). Analisis Pelaksanaan Keamanan dan Keselamatan Kerja ( K3 ) Dengan Metode Job Safety Analysis ( JSA ) Proyek Pembangunan Jembatan SiKatak Unversitas Diponegoro Semarang. 277–284.

Kusumawardani, C. D., Riantini, R., & Yuniati, R. A. N. (2007). Menggunakan Metode Job Safety Analysis. Proceeding 2nd Conference on Safety Engineering and Its Application Program Studi D4 Teknik Keselamatan Dan Kesehatan Kerja - PPNS, (2581), 791–796.

Nurkholis, N., & Adriansyah, G. (2017). Pengendalian Bahaya Kerja Dengan Metode Job Safety Analysis Pada Penerimaan Afval Lokal Bagian Warehouse Di Pt. St. Teknika : Engineering and Sains Journal, 1(1), 11–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jurti.1.1.31-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknik Industri diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia