Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Matematika Peserta Didik

Luluk Purwanti, Rita Yuliastuti

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah kreativitas matematika peserta didik SMP Negeri 1 Brondong yang rendah. Peserta didik hanya mengikuti cara-cara yang diberikan guru saat menyelesaikan soal sehingga ketika berhadapan dengan soal yang belum pernah dicontohkan, peserta didik kesulitan dalam mengerjakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tanggal 25 mei 2023 di kelas 8A SMP Negeri 1 Brondong bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas matematika peserta didik usai diterapkan Project based Learning. Project based learning diterapkan selama tiga siklus dan tiap akhir siklusnya peserta didik diberikan tes dengan soal-soal open ended untuk mengukur tingkat kreativitas matematikanya. Dengan penerapan selama tiga siklus, kreativitas matematika peserta didik mengalami pengingkatan hingga berada pada kategori cukup/sedang yang mana sebelumnya pada saat pre-test berada di kategori sangat rendah. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa pada penerapan di siklus pertama rata-rata kreativitas matematika peserta didik adalah 1,5 yang mana termasuk kategori sangat rendah. Pada siklus kedua kreativitas matematika peserta didik mengalami kenaikan. Rata-rata kreatifitas matematika peserta didik di siklus kedua adalah 4,15 sehingga termasuk kategori sedang. Lalu pada siklus terakhir kreativitas matematika peserta didik adalah 11,78 yang mana adalah kategori cukup/sedang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.3.205-211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id