Best Practice: Strategi “Mosir†Tingkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 5 Kendal Tahun Ajaran 2021/2022

Bambang Dite Wahyono

Abstract


Peningkatan mutu sekolah terutama untuk jenjang menengah kejuruan dengan mempunyai tingat kedisiplinan yang tinggi. Kedisiplinan merupakan salah satu indicator peningatan mutu di SMK Negeri 5 Kendal yang telah disesuaikan dengan kekuatan karakteristik lingkungan  sekolah. Karya tulis ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai: (1) peningkatan kedisiplinan memalui strategi MOSIR menigkatkan kinerja guru  sekolah menengah kejuruan, dan (2) hasil atau dampak dari pelaksanaan strategi MOSIR di SMK Negeri 5 Kendal. Karya tulis ini merupakan pengalaman pelaksanaan manajemen di SMK dalam bentuk best practice. Pengalaman melaksanakan peningkatan kedisiplinan melalui strategi MOSIR sebagai took ukur kualitas layanan pendidikan atas: (1) meningkatnya kedisiplinan dalam memberikan layanan pendidikan melalui MOSIR (2) peningkatan tanggungjawab sesuai tugas pokok dan fungsi guru, (3) adanya perubahan karakter kemandirian, kedisiplinan dan tanggungjawab yang lebih tinggi. Dampak dari pelaksanaan impementasi MOSIR untuk meningkatkan kinerja  guru adalah: (1) adanya semangat dalam meningkatkan kedisiplian  terhadap kinerja guru, (2) sebagai keteladanan atas kinerja guru kepada peserta didik (3) reward menjadi salah satu motivasi terbesar untuk melakukan perubahan dan terciptanya budaya kerja yang positip dilingkungan tempat bekerja.

Keywords


Disiplin, Kinerja Guru, Motivasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i3.26687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id